Selamat Datang

Selamat Datang Ke Laman Perguruan Silat Lintau Yang Asli... Silat Lintau Yang Berasal Dari Tepi Selo, Lintau Buo Utara.

PERTUBUHAN SILAT LINTAU KELANTAN: PERSILEK Headline Animator

Wednesday 15 June 2011

PERKEMBANGAN SILAT LINTAU (SILAT TUA) DI MALAYSIA 2

SILAT LINTAU - SILAT MINANGKABAU

Dalam posting sebelum ini, saya telah menceritakan sedikit mengenai  Silat Lintau yang di bawa ke Malaysia oleh Pandeka Talib yang berasal dari Nagari Lintau, Ranah Minangkabau. Posting kali ini akan mendedahkan sistem pembelajaran Silat Lintau yang sebenarnya. Berikut adalah sebahagian daripada kenyataan yang diterima dari mereka yang masih mengekalkan langkah Silat Lintau atau kini lebih dikenali sebagai Silek Tuo Minangkabau. 





LANGKAH

Gunanya pemain diajar melangkah, supaya sipemain tepat tegaknya (tjakap) artinya tidak berdiri dengan kaku.


Tepat tegak itu adalah mengajar badan lemas (lemah liut) dan mata supaya cepat bekerja. Sebab itu hendaklah sipesilat memahirkan benar2 langkah itu. Kalau sipesilat kurang mahir melangkah, tentu mereka kurang sigap menangkis.








   Langkah ada empat jenis:
         
         Pertama langkah Tiga
         Kedua langkah Empat
         Ketiga langkah Enam
         Keempat langkah Sembilan (gelombang 12)


SILAT LANGKAH TIGO


Silat Lintau merupakan Silat Tua yang lahir di Minangkabau.  Silat Lintau yang merupakan Silek Tuo di Minangkabau mempunyai semua langkah yang disebutkan diatas. Ianya mulai disempurnakan dengan mengisikan pengkajian faham dari berbagai aliran Islam.

Memperturunkan ilmu silat tidak boleh sembarangan. Faham Al Hulul / Wihdatul Wujud memegang peranan, terutama dalam pengisian kebatinan ( silat batin ). Tarekat ( metode ) pendidikan Al Hallaj yang diwarnai unsur-unsur filsafat pythagoras yang bersifat mistik menjadi pegangan bagi guru-guru silat untuk tidak mau menurunkan ilmu silat kepada sembarangan orang.
Angka 3 sebagai “hakikat” menjadi rahasia dan harus disimpan. Untuk menjamin kerahasiaannya, maka ilmu silat tidak pernah dibukukan DAN YANG PALING PENTING TIDAK DIBENARKAN DIRAKAMKAN (VIDEO).  




Dalam pengalaman dan penelitian yang dilakukan kenyataan menunjukkan, bahwa amanat ” suatu pengkajian yang bersifat rahasia ” itu sampai kini masih berlaku bagi orang tua-tua Minangkabau. Kalau sekarang, rahasia itu dinyatakan dalam berbagai dalih, misalnya :

a. akan menimbulkan pertentangan nantinya dengan ajaran yang dianut oleh masyarakat awam.
b. akan mendatangkan bahaya sebagai akibat ” Tasaluek dek kaji ” , seperti: gila.
c. dan sebagainya.

Langkah Tigo dalam silat Minang, didalamnya 

terdapat gerak-gerak yang sempurna untuk menghadapi segala kemungkinan yang dilakukan lawan. Perhitungan angka tiga disejalankan dengan wirid dan latihan, inipun tidak semua orang dapat memahami dan mengamalkannya karena mistik.

Kaifiat atau pelaksanaannya dilakukan secara konsentrasi sewaktu membuat langkah tigo. setiap langkah ditekankan pada ” Alif, Dal, Mim “
Tagak Alif, Pitunggue Adam, Langkah Muhammad
Tagak Alif :
Tegak Allah, Kuda-kuda bagi Adam, Kelit dari Muhammad, Tangkapan oleh Ali, dan tendangan beserta Malaikat. ( sandi kunci bergerak )



SILAT LANGKAH AMPEK


Pembentukan Silat Langkah Ampek oleh Ninik Datuk Suri Diraja di Pariangan serentak dengan Silat Langkah Tigo. Silat Langkah Ampek, berasal dari gerak-gerak silat Anjieng Mualim dan pengawasannya turun temurun juga diserahkan pada Harimau Campo, yang dapat menjelma bila disalahi membawakannya.

Oleh karena si penciptanya telah menyeragamkan bentuk dan metode serta pengisiannya. maka silat Langkah Ampek pun dimulai dengan Tagak Alif. Perbedaannya terletak pada perhitungan angka yaitu 4, sebagai angka istimewa (ingat mistik Pythagoras). Walaupun bersifat mistik dan sukar dipahami bagi awam, namun bagi Pesilat sangat diyakini kebenarannya.

Sewaktu membuka Langkah Ampek dilakukan konsentrasi pada Alif, Lam, Lam, Ha.

SILAT LANGKAH SEMBILAN


Perhitungan langkah dalam Silat Minang yang terakhir adalah sembilan. Dari mana datangnya angka sembilan. Dalam pengkajian silat dinyatakan sebagai berikut: Langkah 3 + Langkah 4 = langkah 7. Itu baru perhitungan batang atau tonggaknya. Penambahan 2 langkah adalah :

-Tagak Alif gantung dengan penekanan pada ” Illa Hu ” ini diartikan satu langkah.
-Mim Tasydid dalam kesatuan Allah dan Muhammad, gerak batin yang menentukan, berarti satu langkah.
Menurut faham Al Hulul bahwa apabila yang Hakikat menyatakan dirinya atau memancarkan sinarnya dalam realitasNya yang penuh; itulah keindahan.

Pesilat itu adalah seniman dan seorang seniman adalah orang yang tajam dan tilik pandangannya, yang dapat melihat keindahan Ilahi dalam dirinya. (Gazalba,IV/1973:527)

Silat Langkah sembilan biasanya dibawakan sebagai “Pencak” (Minangkabau: Mancak), artinya : Menari. Dalam kata majemuk “Pencak-Silat” dimaksudkan “Tari Silat”.

Langkah Sembilan memperlihatkan pengembangan gerak-gerak ritmis, dengan tidak meninggalkan unsur-unsur gerak silat.






8 comments:

  1. terbaik..!! uniform mcm ni cantik gak yek...

    ReplyDelete
  2. Saya dah siapkan semua nya, lace dan lain2.. Cuma nak lancar je lagi. Jurulatih kena siap dulu daripada budak2.

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum..saya berasal dari Negeri Sembilan,tapi tidak tahu sesiapa yang mengajarkan silat ini. Bolehkah saya tahu di mana guru yang mengajar di sekitar lembah Klang kerana saya kini menetap dan bekerja di sini.

    ReplyDelete
  4. Perniagaan Encik Munir: Saya dah jawab di Facebook. Makasih

    ReplyDelete
  5. bagaimana kaitannya dengan silat yang ada di minang, indonesia???
    kenapa tidak di jelaskan admin???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dijelaskan di posting yang lain dalam blog ini. Sila baca semuanya. Silat Lintau yang dikembangkan di Kelantan adalah Silat Lintau yang asalnya dikembangkan oleh Pandeka Talib dari Tigo Jangko, Lintau Buo, SumBar. Makasih.

      Delete
  6. Assalammualaikum..tumpg tnye ade x silat ini diajarkn dinegeri sembilan...sye org seremban

    ReplyDelete